Cara Kerja Google Penelusuran (untuk pemula)
Google mendapatkan informasi dari berbagai sumber, termasuk:
Halaman web
Konten yang dikirim pengguna seperti kiriman pengguna Google Bisnisku dan Maps
Pemindaian buku
Database publik di internet
Berbagai sumber lainnya
Namun, halaman ini difokuskan pada halaman web. Google mengikuti tiga langkah dasar untuk menampilkan hasil dari halaman web:
Crawling
Pengindeksan
Penayangan (dan pemberian peringkat)
Crawling
Langkah pertama adalah mencari tahu halaman apa yang ada di web. Tidak ada registry pusat untuk semua halaman web, sehingga Google terus-menerus menelusuri halaman baru dan menambahkan halaman ke daftar halaman yang dikenal. Beberapa halaman sudah dikenal karena telah dikunjungi Google sebelumnya. Halaman lain akan ditemukan saat Google mengikuti link dari halaman yang dikenal ke halaman baru. Selain itu, halaman lain akan ditemukan saat pemilik situs mengirim daftar halaman (peta situs) untuk di-crawl oleh Google. Jika Anda menggunakan host web terkelola, seperti Wix atau Blogger, host web tersebut mungkin memberi tahu Google untuk meng-crawl halaman yang diperbarui atau baru yang Anda buat.
Setelah Google menemukan URL halaman, Google akan mengunjungi atau meng-crawl halaman untuk mencari tahu apa yang ada di dalamnya. Google akan merender halaman dan menganalisis konten teks, non-teks, serta tata letak visual secara keseluruhan untuk menentukan tempat halaman dapat ditampilkan dalam Hasil penelusuran. Semakin baik Google memahami situs Anda, semakin baik kami dapat mencocokkannya kepada orang yang mencari konten Anda.
Untuk meningkatkan kualitas crawling situs:
Verifikasi bahwa Google dapat menjangkau halaman di situs Anda, dan pastikan halaman tersebut sudah terlihat benar. Google mengakses web sebagai pengguna anonim (pengguna tanpa sandi atau informasi). Google harus dapat melihat semua gambar dan elemen lain pada halaman agar dapat memahaminya dengan benar. Anda dapat melakukan pemeriksaan cepat dengan mengetikkan URL halaman Anda pada Pengujian Situs Mobile-Friendly.
Jika sudah membuat atau memperbarui satu halaman, Anda dapat mengirimkan setiap URL ke Google. Untuk memberi tahu Google tentang banyak halaman baru atau yang diperbarui sekaligus, gunakan peta situs.
Jika Anda meminta Google untuk meng-crawl satu halaman saja, pastikan halaman tersebut adalah halaman beranda Anda. Sejauh yang diperhatikan Google, halaman beranda Anda adalah halaman paling penting di situs Anda. Untuk mendorong crawl situs yang lengkap, pastikan halaman beranda Anda (dan semua halaman) memiliki sistem navigasi situs yang bagus yang ditautkan ke semua bagian dan halaman penting di situs Anda. Tindakan ini membantu pengguna (dan Google) menjelajahi situs Anda. Untuk situs berskala lebih kecil (kurang dari 1.000 halaman), cukup pastikan Google mengetahui halaman beranda Anda saja, asalkan Google dapat menjangkau semua halaman lain dengan mengikuti jalur link yang dimulai dari halaman beranda Anda.
Tautkan halaman Anda ke halaman lain yang sudah diketahui Google. Namun, perhatikan bahwa link di iklan, link yang Anda bayar untuk ditempatkan di situs lain, link di komentar, atau link lain yang tidak mengikuti Pedoman Webmaster Google tidak akan diikuti oleh Google.
Google tidak menerima pembayaran untuk meng-crawl situs tertentu lebih sering, atau memberinya peringkat lebih tinggi. Jika Anda mendapatkan informasi sebaliknya, artinya informasi tersebut tidak benar.
Pengindeksan
Setelah halaman ditemukan, Google akan mencoba memahami apa yang ada di halaman tersebut. Proses ini disebut pengindeksan. Google akan menganalisis konten halaman, membuat katalog file gambar dan video yang disematkan pada halaman, dan mencoba memahami halaman tersebut. Informasi ini disimpan di indeks Google, sebuah database besar yang disimpan di banyak (sangat banyak) komputer.
Untuk meningkatkan kualitas pengindeksan halaman:
Buat judul halaman yang pendek dan bermakna.
Gunakan judul halaman yang menyampaikan subjek halaman.
Gunakan teks untuk menyampaikan konten, bukan gambar. Google dapat memahami sebagian gambar dan video, tetapi tidak sebaik memahami teks. Setidaknya beri keterangan pada video dan gambar dengan teks alternatif dan atribut lain yang sesuai.
Penayangan (dan pemberian peringkat)
Saat pengguna mengetik kueri, Google mencoba menemukan jawaban yang paling relevan dari indeksnya berdasarkan banyak faktor. Google mencoba menentukan jawaban dengan kualitas tertinggi, dan memperhitungkan pertimbangan lain yang akan memberikan pengalaman pengguna terbaik dan jawaban yang paling tepat, dengan mempertimbangkan hal-hal seperti lokasi, bahasa, dan perangkat pengguna (desktop atau ponsel). Misalnya, jawaban untuk penelusuran "bengkel reparasi sepeda" bagi pengguna di Bandung akan berbeda dengan jawaban bagi pengguna di Bangkok. Google tidak menerima pembayaran untuk memberi peringkat halaman lebih tinggi, dan pemberian peringkat dilakukan secara terprogram.
Untuk meningkatkan kualitas penayangan dan pemberian peringkat:
Buat agar halaman Anda dapat dimuat dengan cepat, dan mobile-friendly.
Isi halaman Anda dengan konten yang berguna dan pastikan konten tersebut tetap relevan.
Ikuti Pedoman Webmaster Google, yang membantu memastikan pengalaman pengguna yang berkualitas.
Baca tips dan praktik terbaik lainnya di Panduan memulai SEO kami.
Anda dapat menemukan informasi selengkapnya di sini, termasuk panduan yang kami berikan bagi penilai kualitas untuk memastikan bahwa kami memberikan hasil yang berkualitas.
Versi yang lebih panjang
Ingin mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang cara kerja Penelusuran? Baca Panduan lanjutan mengenai cara kerja Google Penelusuran.
Apakah informasi ini membantu?
Kirim masukan
Except as otherwise noted, the content of this page is licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 License, and code samples are licensed under the Apache 2.0 License. For details, see the Google Developers Site Policies. Java is a registered trademark of Oracle and/or its affiliates.
Last updated 2021-08-10 UTC.
Ajukan pertanyaan
Posting di komunitas bantuan kami
Bergabung dengan waktu konsultasi SEO
Dokumentasi bantuan
Dapatkan info terbaru
Blog
Twitter
YouTube
Resource
Anda membutuhkan SEO?
Panduan Memulai SEO
Dokumentasi Search Console
Studi Kasus
Alat
Search Console,
Pengujian Situs Mobile-Friendly,
Seo,
PageSpeed Insights,
Pengujian AMP,
Google Developers,
Android,
Chrome,
Firebase,
Google Cloud Platform,